Himbauan di musim Penghujan

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karanganyar Bagus Darmadi, SH, MM mengungkapkan, warga harus bisa mencegah atau mendeteksi dini bencana alam yang bisa terjadi ketika musim hujan tiba. “Antisipasi yang perlu dilakukan pastikan lingkungan kita siap untuk menerima dan mengalirkan air hujan yang turun,”

Bencana alam yang terkadang terjadi di saat musim hujan tiba antara lain banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan tanah longsor. Pemerintah dan masyarakat harus bisa bahu membahu mengantisipasi dan bersiap apabila hal itu terjadi sewaktu-waktu. “Masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak bencana hidrometeorologi yang bisa terjadi di musim penghujan, antara lain banjir, banjir bandang, puting beliung dan tanah longsor,”

Pemerintah dengan lembaga terkait juga diharapkan bisa melakukan deteksi dan pencegahan dini terkait potensi bencana alam tersebut. “Kalau ada pohon yang sudah tua dan rindang mungkin bisa dipangkas untuk menghindari pohon tumbang,”

Bagus Darmadi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mudah termakan dengan informasi tidak benar atau hoaks terkait perubahan iklim di Indonesia. Pasalnya, hal itu hanya akan menimbulkan kepanikan.

BPBD Kabupaten Karanganyar.
Jl.Brigjend.Slamet Riyadi.Lingk.Bibis,Kel.Jungke, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar .
CALL CENTER
☎ : ( 0271 ) 495 997
: ( 0271 ) 495 997
WhatsApp : 08112637243 TRC
Email : pusdalopskra@gmail.com
#SiapUntukSelamat
#SadarBencana
#SiagaBencana
#TanggapBencana
#BersinergiDalamMenghadapiBencana.
SALAM TANGGUH SALAM KEMANUSIAAN