Edukasi Bencana Informasi Publik Sosialisasi

BPBD Karanganyar Pasang Rambu Rawan Longsor di Kawasan Wisata Guna Hadapi Momen Nataru

BPBD Kabupaten Karanganyar memasang rambu rawan longsor di 15 titik yang tersebar di kawasan wisata wilayah Kecamatan Ngargoyoso dan Tawangmangu bertepatan dengan momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) pada Sabtu (23/12/2023).

Kepala Pelaksana BPBD Karanganyar, Hendro Prayitno menyampaikan, pemasangan rambu rawan longsor tersebut melibatkan anggota polsek, koramil dan relawan setempat.

Pemilihan titik pemasangan rambu rawan longsor berkaca tersebut berdasarkan dari kejadian bencana sebelumnya.

Pemasangan rambu tersebut sifatnya hanya sementara untuk menghadapi momen Nataru. Pihaknya berencana akan memasang rambu rawan bencana secara permanen di titik yang telah dipetakan bersama relawan setempat.

Pemasangan ini untuk menghadapi Nataru, salah satunya mengantisipasi lonjakan wisatawan yang berkunjung ke Ngargoyoso dan Tawangmangu karena bertepatan libur cuti panjang,

Dia menuturkan, rambu rawan bencana longsor dipasang di 7 titik wilayah Kecamatan Ngargoyoso atau akses menuju ke kawasan wisata Kemuning-Jenawi. Kemudian tim juga memasang 8 rambu bencana longsor di Jalan Tembus Tawangmangu-Magetan.

Menurutnya pemasangan rambu tersebut dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat supaya mewaspadai titik-titik rawan longsor yang berada di akses kawasan wisata.