Profil BPBD Karanganyar

Pembentukan BPBD

 

Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu Kabupaten dari 35 Kabupaten/Kota di Provinsi  Jawa Tengah yang memiliki luas wilayah 77.378,64 Ha atau 2,38% dari total luas wilayah Provinsi Jawa Tengah. Terletak antara 110°40’’ – 110° 70’’ BT dan 7° 28’’ – 7° 46’’ LS, menjadikan Kabupaten karanganyar berada pada ketinggian antara 90 – 2.000 mdpl, yang sebagian besar wilayah berada di ketinggian rata-rata ±511 mdpl, dengan wilayah terendah di Kecamatan Jaten ±90 mdpl dan wilayah tertinggi berada di Kecamatan Tawangmangu.

Mengingat letak geografi dan topografi Kabupaten Karanganyar menjadikan Kabupaten Karanganyar salah satu wilayah di Provinsi Jawa Tengah yang termasuk sangat rawan bencana, baik bencana alam maupun bencana non alam, antara lain; banjir, kekeringan, tanah longsor, angin ribut, kebakaran hutan dan lahan, kebakaran pemukiman, epidemi, wabah penyakit, maupun gejolak sosial yang berkaitan dengan usaha ekonomi masyarakat dan usaha pertanian.

Guna menyikapi keadaan tersebut penanganan bencana, sesuai amanat UU No 24 tahun 2007 yang mengarah ke Pro Disaster Risk Reduction. Ada 3 hal menjadi indikator: Kebijakan, Program, dan Implementasi. Maka dari itu, pada tanggal 4 April 2011, Pemerintah Kabupaten Karanganyar menerbitkan sekaligus mengundangkan  Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 8 Tahun 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah, yang menggantikan organisasi SATLAK PBA Kabupaten Karanganyar, yang selanjutnya diperingati sebagai lahirnya BPBD Kabupaten Karanganyar.

Sedangkan, sebagai dasar pelaksanaan tugas pokok dan fungsi BPBD Kabupaten Karanganyar, diatur melalui Peraturan Bupati Karanganyar Nomor 32 Tahun 2011 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karanganyar. Berangkat dari paradigma tersebut sekaligus tindak lanjut dari amanat ketentuan peraturan perundang-undangan, kewenangan dan kebijakan Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Karanganyar, Pemerintah Kabupaten Karanganyar dan DPRD Kabupaten Karanganyar mengundangkan Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, pada tanggal 31 Desember 2015.