Berita Informasi Publik Siaga Bencana Sosialisasi

Apel Siaga Penanagggulangan Bencana Sinergitas Pemerintah Daerah, TNI, POLRI dan Relawan dalam penanggulangan bencana alam di Kabupaten Karanganyar tahun 2023

Memasuki musim hujan, BPBD Karanganyar menggelar Apel Siaga Penanagggulangan Bencana Sinergitas Pemerintah Daerah, TNI, POLRI dan Relawan dalam penanggulangan bencana alam di Kabupaten Karanganyar tahun 2023. Apel digelar dalam upaya Pemkab Karanganyar mengantisipasi kemungkinan munculnya bencana alam. Pasalnya, Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu daerah rawan bencana. Apel dipimpin Plt.Bupati, Rober Christanto didampingi Kapolres, AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy. dan Dandim, Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P, Kamis (9/11/2023).

Dalam apel tersebut, terlihar hadir juga pejabat Forkopimda yang lain. Termasuk juga jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Karanganyar.

Seperti diketahui, Kabupaten Karanganyar secara geografis, geologis, demografis maupun hidrometeorologis, merupakan wilayah rawan bencana. Kejadian bencana yang mungkin terjadi di Karanganyar sangatlah beragam baik jenis maupun skalanya, yang meliputi banjir, tanah longsor, angin kencang, kekeringan serta kebakaran hutan dan lahan.

“Bencana alam merupakan satu kejadian yang tidak pernah kita ketahui kapan akan terjadi. Kita semua harus dapat melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana alam, sehingga dapat meminimalisir dampak yang mungkin terjadi akibat bencana alam tersebut,” ujar Plt.Bupati.

“Penanggulangan bencana tentunya bukan menjadi tanggung jawab aparat pemerintah semata, namun ini menjadi tanggung jawab kita bersama, baik pemerintah, TNI/Polri maupun elemen masyarakat lainnya,’ sambungnya.

Bupati juga mengatakan,  bulan November 2023 ini sudah memasuki musim hujan, sehingga perlu diwaspadai adanya masa transisi/ pancaroba yang berakibat terjadinya cuaca ekstrem dengan kemungkinan akan terjadi hujan lebat yang berpotensi terjadinya banjir, tanah longsor, dan angin kencang.

“Saya sangat mengapresiasi atas penyelenggaran Acara Apel Siaga Bencana pada pagi hari ini. Kegiatan ini sebagai upaya mengantisipasi terhadap dampak yang mungkin timbul dalam musim penghujan saat ini dan menyikapi perkembangan bencana akhir-akhir ini,” kata Plt.Bupati.

Bupati juga mengimbau kepada seluruh komponen masyarakat, baik itu jajaran pemerintah daerah, TNI/ Polri, warga masyarakat, relawan, dunia usaha maupun media agar selalu bersinergi dan berkoordinasi meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi ancaman bencana banjir, tanah longsor dan angina kencang.